Cara Dahsyat Berpikir Kreatif

Cara Dahsyat Berpikir Kreatif
by Ray Poetra هيرى يانتو on Friday, August 20, 2010 at 2:25pm

Kreatifitas adalah produk yang paling berharga saat ini. Dengan kreatifitas, barang tak berharga bisa bernilai tinggi. Tapi menjadi kreatif bukanlah pekerjaan semalam. Juga bukan pelajaran akademis yang bisa dihafalkan. Untuk menjadi kreatif, anda butuh latihan dan latihan.

Beberapa macam latihan kreatifitas yang bisa dilakukan adalah:

1. Pergi dan pulang di jalur yang berbeda

Jika anda ke kantor melewati jalurA, maka saat pulang usahakan melewati jalur B walaupun itu harus memutar. Bila anda tahu banyak jalur alternatif menuju tempat kerja anda, maka lewati saja semua di waktu-waktu yang lain.

Saat kita melewati jalur yang sama tiap hari, maka otak kita cenderung pasif karena ada system outopilot yang menjalankan tubuh kita. Nah, bila kita melewati jalur berbeda, maka otakcenderung aktif karena baginya ini adalah hal yang baru dan otak perlu waspada.Dengan seringnya otak bekerja, maka semakin besar kemampuan berpikir kita karena otak terlatih dengan baik.


2. Menulis dengan cara yang berbeda

Apakah anda suka menulis dikomputer? Cobalah untuk menulis di kertas atau sekali-kali cobalah buat sebuah puisi di tembok rumah anda. Jika biasa menulis sambil duduk, cobalah menulis sambil tiduran. Jika biasa menulis dengan posisi tanggal kertas ada diatas,cobalah untuk membalik buku anda.


3. Lakukan kegiatan yang benar-benar baru

Pasti anda punya aktifitas atau hobby yang sangat anda gemari. Cobalah melakukan hal lain yang benar-benar baru. Buat laki-laki, memasak atau mencuci pakaian anak-anak mungkin bisa jadi alternatif. Buat perempuan, sekali-kali cobalah bermain bola dengan anak laki-laki anda.

Anda juga mungkin bisa mencoba hal-hal lain yang sama sekali belum pernah anda lakukan.


4. Temui orang-orang baru

Saat anda ada di suatu pesta atau temu alumni, cobalah hindari orang-orang yang sudah anda kenal dan dekati orang-orang baru yang belum anda kenal sama sekali. Bertemu orang-orang baruakan menambah wawasan anda dan cara berpikir anda. Tiap orang itu unik, dan jika anda banyak bertemu dengan orang2 unik, maka kreatifitas akan mudah anda temukan.


5. Bacalah buku dengan topik yangbelum pernah anda baca

Saat ke toko buku, biasanya kita langsung menuju ke topik tertentu yang kita sukai. Nah, cobalah menahan diri dan pergilah ke topik2 lain yang sama sekali belum pernah anda datangi. Cobalah baca-baca buku disana kalau perlu belilah satu buku.

Nah, itulah beberapa latihan efektif untuk mengembangkan kemampuan otak anda. Sebenarnya masih banyak lagi sih, cuma selama ini itulah yang saya lakukan.. hehehe.. Sisanya silahkan coba-coba sendiri deh

Post a Comment