Pengamatan Hilal 1431 H Secara Teknis Dikoordinasi oleh Kemenkominfo

Hilal merupakan awal masuknya bulan baru pada kalender qomariyah (bulan), termasuk kalender Hijriah. Banyak kegiatan penting ke-Islam-an mengambil dasar posisi Bulan di langit, seperti Tahun Baru Hijriah, awal shaum Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan demikian dipandang penting untuk menyebarluaskan informasi awal bulan baru yang ditandai oleh tampakan hilal.

Untuk memberikan informasi hilal astronomi secara lebih luas dan terbuka kepada masyarakat, Kementerian Kominfo bekejasama dengan PT Telkom dan Observatorium Bosscha – FMIPA, ITB menyediakan layanan tayangan langsung pengamatan hilal astronomi melalui halaman web ini. Pelaksanaan pengamatan hilal tahun ini didukung juga oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) , Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Karim, Rukyatul Hilal Indonesia , Planetarium Jagad Raya Tenggarong –Kalimantan Timur, Universitas Pendidikan Indonesia dan LAPAN. Melalui tayangan langsung ini diharapkan agar masyarakat luas berkesempatan untuk dapat ikut menyaksikan hilal dan memahami fenomena alam yang terkait.

Tahun ini pengamatan hilal dilakukan di 12 titik pengamatan yang akan ditayangkan langsung melalui situs web http://hilal.depkominfo.go.id dan situs web http://bosscha.itb.ac.id/hilal , berupa Video Streaming Hilal Ramadhan. Adapun titik titik pengamatan dilakukan adalah:

1. Biak Papua.
2. Pantai Barat Kupang, Nusa Tenggara Timur.
3. Mataram Nusa Tenggara Barat.
4. Condrodipo Gresik, Jawa Timur.
5. Lantai atas MTB Makasar.
6. Tenggarong Kalimantn Timur.
7. Bukit Belabelu Yogyakarta.
8. Bosscha Bandung.
9. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
10. Anyer, Banten.
11. Pekanbaru, Riau
12. Lok Ngah, Aceh

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo (Gatot S. Dewa Broto; HP: 0811898504; Email: gatot_b@postel.go.id ; Tel/Fax: 021.3504024).

Source : dakwatuna

Post a Comment